MANFAAT JAHE UNTUK MENCEGAH MABUK KENDARAAN


Manfaat Jahe tidak hanya untuk penghangat badan saja, namun juga dapat digunakan untuk mencegah mabuk selama perjalanan. Mabuk perjalanan atau disebut juga motion sickness memang bagi sebagian orang adalah masalah yang serius. Mabuk perjalanan disebabkan adanya gerakan tiba-tiba saat dalam kendaraan yang sedang berjalan sehingga mengakibatkan ketidaksesuaian sinyal yang masuk ke otak dengan sinyal yang diperkirakan otak. Jalur system saraf pusat yang terganggu ini berefek pada penghambatan proses pengosongan lambung. Inilah yang mengakibatkan timbulnya gejala mual dan muntah pada penderita motion sickness.
Manfaat Jahe untuk mencegah mabuk perjalanan telah diteliti dan terbukti berkhasiat untuk memperbaiki motilitas lambung dan  memberikan rasa nyaman pada saluran pencernaan, sehingga ampuh dalam menghalau mual di perjalanan. Zat pedas yang terkandung dalam minyak atsiri jahe mengandung beberapa kompnen, salah satunya adalah gingerol atau  zingiberol yang dikenal sebagai antiemetikum atau antimuntah.
Manfaat Jahe untuk mencegah mabuk perjalanan dapat diperoleh dengan cara merebus beberapa ruas jahe segar dalam dua gelas air, dapat pula ditambahkan madu atau gula untuk menambah rasa. Untuk mendapatkan efek yang lebih baik gunakan jahe merah yang mengandung kadar gingerol yang lebih tinggi. Ramuan tersebut dapat diminum satu jam sebelum perjalanan. Atau yang lebih sederhana cukup dengan mengunyah permen jahe, juga dapat merangsang pengeluaran air liur dan cairan pencernaan serta mengurangi mual dan muntah. Dengan begitu, berkendara akan terasa lebih menyenangkan.
Demikian sekilas manfaat jahe untuk mencegah mabuk perjalanan, semoga bermanfaat untuk Anda.

(sumber bulletin PIOGAMA-Oktober 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar