Mengatasi Printer Macet

Acapkali pengguna printer menemui masalah saat hendak mencetak hasil pekerjaannya. Masalah tersebut salah satunya adalah paper jam atau kertas yang tersangkut didalam printer. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi tengah diburu waktu.

Oleh karena itu, mengetahui beberapa penyebab terjadinya paper jammed menjadi satu hal yang penting agar masalah tersebut tidak terulang dikemudian hari. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Kertas yang terlampau banyak pada paper tray merupakan penyebab utama terjadinya paper jammed, oleh karenanya setiap pengguna printer sebaiknya tidak memasukan kertas kedala paper tray sampai penuh, namun seperlunya saja. Pastikan juga sebelum memasukkan kertas kedalam paper tray. kertas tersebut tidak menempel satu sama lain, hal ini biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan, atau terlipat karena ini juga menyebabkan kertas tersangkut.  
  • Tidak semua kertas bisa digunakan pada printer, misalnya saja kertas yang terlampau tebal hanya bisa ditangani oleh merek dan jenis printer tertentu. Oleh karenanya baca dengan seksama buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang bisa digunakan pada printer tersebut.
  • Kebersihan printer juga menjadi pemicu paper jammed. Untuk itu, khusus untuk printer ink jet, setelah semua dambungan ke printer dilepas. perlahan bukalah printer dan bersihkan bagian dalamnya. Cermati roda maupun gir yang ada didalamnya dan coba bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan blower, atau bila perlu alkohol juga bisa digunakan untuk lebih menjamin kebersihan printer. Jika ragu saat hendak melakukan langkah ini, sebaiknya ajak rekan yang lebih mengerti, jangan sampai niat baik malah burujung pada kerusakan yang lebih parah pada printer.
  • Terakhir jika langkah - langkah diatas sudah dilakukan dan masalah tetap ada, sebaiknya bawa printer ketempat servis resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut kerana mungkin ada komponen printer yang sudah rusak

Pastikan Anda membeli printer maupun peralatan komputer Anda dengan kualitas yang prima disertai dengan pelayanan purna jual yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar