Lebah Madu Sahabat Manusia

Dalam peradaban manusia, ada orang yang terlahir untuk menjadi pemimpin, misalnya putra mahkota seorang raja atau kaisar. Namun tidak demikian dalam dunia lebah, seekor ratu lebah dalam konumuitas hewan penghasil madu ini sengaja diciptakan, tidak dilahirkan. Seekor lebh yang telah terpilih menjadi ratu entah dengan mekanisme seperti apa lantas dibuat agar dia menjadi istimewa dan menjadi satu-satunya dia antara ratusan lebah pekerja yang menjadi rakyatnya.  Ratu lebah mendapat perlakuan amat istimewa termasuk asupan makannya. Makanan khusus bagi ratu lebah adalah royal jelly. Tanpa royal jelly maka ia tidak bisa disebut ratu lebah.
Sang ratu mendapast pasokan royal jelly terus menerus dari  lebah pekerja. Royal jelly adalah nutrisi yang berbentuk seperti krim, berwarna putih susu dana kental. Yang paling istimewa adalah royal jelly ini sangat kaya nutrisi. Bahkan makanan yang sering disebut susu ratu ini  dihasilkan dari sekresi kelenjar air liur lebah perawat. Dalam royal jelly terkandung gizi yang amat lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, asam lemak, mineral vitamin B kompleks, vitamin ACDEK, gamma globulin dan 10 hydroxydecanoic acid (10-DHA). Masih ada lagi asam nukleat (RNS dan DNA), glatin, enzim dan unsure R yang di royal jelly dan tidak terdapat di zat makanan lainnya.
Dengan makanan yang istimewa tersebut, sang ratu lebah mempunyai tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan dengan lebah pekerja. Selain itu usia ratu lebah juga 40 kali lebih panjang dari lebah pekerja. Namun demikian, ratu lebah mempunyai tugas yang tidak kecil peranannya, yaitu sebagai penghasil telur untuk perkembangbiakan lebah. Dalam satu hari ia bisa bertelur hingga 2000 telur atau bila ditimbang mencapai 2.5 kali berat badannya.
Dengan keistimewaan akan kandungan nutrisinya yang lengkap tersebut, manusia mencoba memanfaatkan royal jelly untuk kepentingan manusia. Makanan yang kaya akan konsentrasi nutrisinya ini ternyata tidak hanya berguna untuk lebah, tetapi juga untuk manusia. Namun tidak mudah ternyata mengembangkan royal jelly sebagai bahan makanan bagi manusia. Dari struktur kimianya substansi royal jelly sangat kompleks. Hampir semua bahan makanan esensial yang sudah amat terkenal dalam dunia kesehatan ada dalam royaol jelly. Tak hanya protein dan vitamin, tetapi juga hormone, enzim, mineral dan bahan-bahan spesifik yang bertindak sebagai biokatalis dalam proses regenerasi sel dalam tubuh manusia.
Meskipun beberapa elemen makanan penting ini ditemukan dalam kadar yang amat kecil, dalam royal jelly (ukuran microgram) tetapi masih bisa berfungsi dengan sangat baik dan bisa bersinergi dengan enzim sebagai katalis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar