Cara Memasak Rendah Lemak

Lemak sebenarnya juga zat nutrisi yang diperlukan tubuh, namun kelebihan lemak dalam tubuh ternyata juga merugikan kesehatan kita. Padahal sebagian besar menu masakan berupa gorengan baik untuk lauk maupun makanan ringan. Berikut ini adalah tips memasak rendah lemak untuk mengurangi resiko obesitas dan kolesterol tinggi :
  • Pilihlah minyak rendah lemak, seperti minyak zaitun, atau minyak kedelai bila terpaksa menggunakan minyak untuk menggoreng.
  • Menumis makanan dengan kaldu tomat atau kaldu rempah-rempah sebagai pengganti minyak goreng.
  • Membakar atau memanggang daging ayam atau ikan dapat membantu mengurangi kadar lemak dibandingkan menggoreng. Batasi olesan mentega saat membakar dan ganti dengan kecap kedelai.
  • Beri lebih banyak bumbu-bumbuan pada makanan, seperti merica, cabai, jahe atau bawang. Sebuah penelitian mengungkapkan mereka yang makan masakan berbumbu mampu membakar kalori lebih banyak dibandingan yang makan dengan sedikit bumbu.
  • Jangak terlalu lama memasak sayuran karena dapat mambuat sayuran tidak segar selain itu enzim serta zat gizi penting dalam sayuran akan hilang. Silahkan mencoba tips di atas. 
Semoga bermanfaat seperti tujuan blog ini untuk BERBAGI YANG BERGUNA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar