Selamat datang di CaraGampang.Com

MANFAAT OLAH RAGA UNTUK OTAK

Senin, 07 Mei 20120 komentar

Olah raga teratur terbukti mampu mempertahankan kesehatan otak. Daya ingat dapat terpelihara penyakit alzeimer dan stroke pun dapat dicegah.

Daya Ingat
Daya ingat seseorang cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia, tetapi olah raga bisa memperlambat hal itu. Dari penelitian yang dilakukan oleh Natioanal Instituter of Health diambil kesimpulan bahwa mereka yang mengikuti  program latihan olah raga jalan cepat di treadmill selama satu jam dalam 3 kali seminggu selama 4 bulan berturut-turut ternyata mempunyai kemajuan yang berarti dalam tes daya ingat dibandingan dengan yang tidak pernah melakukan olah raga.
Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa olah raga aerobic menghasilkan peningkatan daya ingat yang tertinggi dibandingan dengan jenis olah raga lainnya.
Aliran Darah Ke Otak dan Resiko Stroke.
Bertambanhnya usia juga menurunkan aliar darah ke otak dan meningkatkan resiko terjadinya stroke. Studi terhadap mereka yang baru mengalami pensiun dan jarang melakukan olah raga menunjukkan penurunan aliran darah ke otak yang berarti,  sementara pada mereka yang tetap aktif atau terus bekerja menunjukkan aliran darah yang lebih konstan.
Penyakit Alzheimers
Studi di Jepang  yang melibatkan 825 orang yang tidak mengalami dementia (pikun) dalam kurun waktu tujuh tahun menemukan bahwa orang yang melakukan olah raga teratur setiap harinya atau cukup melakukan aktivitas fisik berisiko lebih rendah terserang penyakit alzaheimers.
Efek Olah Raga Terhdap Otak
Efek olah raga terhadap otak ternyata sangat baik. Nicole Berchtold, PhD seorang peneliti di National Institute of Aging Amerika mengatakan bahwa latihan olah raga meningkatkan jumlah sel-sel baru di salah satu bagian otak yang berhubungan dengan proses belajar dan daya ingat. Menurutnya lebih banyak sel otak akan semakin baik.
Molekul yang memainkan peranan penting dalam kesehatan dan fungsi  otak adalah Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF). BDNF ini adalah salah satu faktor yang membuat neurons (syaraf-syaraf di otak) lebih tahan terhadap cedera. BDNF membantu neurons tetap sehat, terutama neurons yang dicurigai sebagai penyebab kemunduran penyakit Alzeimhers dan Parkinsons.
Para ilmuan juga melihat bahwa BDNF memperbaiki kemampuan belajar dan daya ingat.  Yang menarik adalah olah raga tak hanya membuat neuron lebih sehat, tapi olah raga juga membantu kemampuan belajar anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. BERBAGI YANG BERGUNA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger